• Blog Stats

    • 180,180 hits
  • Kalender

    Juli 2009
    S S R K J S M
    « Jun   Agu »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Kategori

  • Meta

  • Arsip

  • Komentar baru

    Vandarum Bolish di Keuntungan dan Kerugian c…
    wahyu di Cara Bermain Poker
    Tommy May di naruto shippuden 367 sub indo…
    naruto shippuden 365… di naruto shippuden 365 sub indo…
    sopyan nc di web chat room

Teori Evolusi


Teori Evolusi adalah teori yang mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dari zaman ke zaman.

Beberapa tokoh yang memukakan teori evolusi adalah Lamarck, Charles Darwin, dan August Weismann.

1. Lamarck

Jean Baptiste de Lamarck (1744-1829) ialah seorang ahli biologi Prancis yang menjelaskan evolusi berdasarkan suatu gagasan bahwa perubahan suatu individu disebabkan oleh lingkukan dan bersifat menurun, disebut TEORI LAMARCKISME.

Contoh klasik yang digunakan untuk menggambarkan teori evolusi ini adalah jerapah memiliki leher panjang karena kebiasaannya yang memakan daun-daun dari pohon. Jerapah diduga memanjangkan lehernya untuk dapat mencapai pohon yang semakin tinggi. Adaptasi dengan pemanjangan leher ini diwariskan kepada generasi berikutnya, yang akan mempunyai leher sedikit lebih panjang dan pada generasi berikutnya akan lebih panjang lagi.

Hipotesis Lamarck diformulasikan sebelum era biologi modern. Pada saat itu teori sel belum dikenal. Dan dhperlukan satu abad lagi sebelum peran gen-gen dan kromosom diketahui. Jadi, tidaklah mengherankan bahwa suatu teori yang tidak dapat dipertahankan dalam ilmu pengetahuan modern. Diajukan pada waktu itu.

2. Charles Darwin

Charles Robert Darwin (1809-1882) adalah seorang peminat ilmu alam dari Inggris. Pada tahun 1831, ia mengikuti pelayaram HMS Beagle untuk memetakan jalur pelayaran. Selama pelayaran ini, Darwin banyak mengumpulkan fosil, batuan, dan mengamati berbagai makhluk hidup yang ia jumpai. Ketika Beagle merapat di Kepulauan Galapagos (1.050 km dari daratan utama Amerika Selatan), Darwin menjumpai berbagai mahluk yang menarik perhatiannya, terutama burung-burung finch. Burung finch juga ditemukam di inggris, tapi burung-burung finch Galapagos memiliki berbagai variasi bentuk paruh.

Darwin menyadari bahwa struktur yang bervariasi ini terbentuk karena adaptasi terhadap lingkukan tertentu. Perbedaan struktur paruh bersesuaian dengan keanekaragaman sumber makanan yang tersedia. Darwin yakin bahwa burung finch tersebut berkerabat dekat. Menurut Darwin, burung finch yang ada di Galapagos terdiri dari 13 spesies yang berasal dari satu spesies burung finch dari Amerika Selatan yang berimigrasi ke Galapagos.

Berawal dari pengamatannya, pemikiran Darwin mengenai adanya variasi mulai berkembang. Darwin kemudian memperoleh ide tentang evolusi yang didasarkan atas pokok-pokok pikirannya, yaitu:
a. Makhluk hidup bervariasi dan beberapa variasi sifatnya dapat diturunkan. Tidak ada dua individu yang sama persis dalam suatu spesies (kecuali kembar identik).

b. Setiap populasi cenderung bertambah banyak, karena setiap makhluk hidup mampu berkembang biak. Untuk berkembang biak perlu adanya makanan yang cukup. Dan jumlah individu yang dilahirkan lebih banyak dari pada yang dapat bertahan hidup.

c. Kenyataan menunjukkan bah bahwa pertambahan populasi tidak berjalan terus-menerus.

d. Individu-individu berkompetisi untuk memperoleh sumber daya agar mampu bertahan hidup.

e. Sifat-sifat yang diwariskan milik beberapa individu membuat mereka dapat bertahan hidup berproduksi pada keadaan lingkungan tertentu.

f. Akibat dari seleksi lingkungan tersebut, hanya individu yang adaptif terhadap lingkungan yang dapat hidup dan menurunkan sifat adaftif tersebut. Seleksi alam akhirnya akan mengubah sifat dalam populasi, bahkan menghasilkan spesies baru.

3. August Weismann

Teori Darwin sangat mempengaruhi perkembangan prins seleksi alam. August Weismann (1834-1914), seorang ahli biologi berkebangsaan Jerman mencoba untuk menerapkan teori Darwin dalam peristiwa genetika.

Weismann berpendapat bahwa sel-sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Ia membuktikan pendapatnya dengan mengawinkan dua tikus yang dipotong ekornya. Hingga generasi ke-21, semua anak tikus yang dilahirkan dari keturunan kedua tikus tadi berejor panjang. Weismamn pun menyimpulkan bahwa:

a. Perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungam tidak akan diwariskan ke generasi berikutnya. Hal ini membuktikan bahwa teori evolusi Lamarck tidak benar.

b. Evolusi adalah masalah pewarisan gen-gen melalui sel kelamin, atau evolusi adalah gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetika.

8 Tanggapan

  1. teori evolusi sudah dipatahkan bro. apalagi yang dikeluarkan oleh Darwin. aku lupa lengkapnya. kalo tidak salah dipatahkan pada bagian evolusi manusia.

    sekedar saran buat permalink mu (ketiga nama orang diatas) lebih baik reffer ke page wikipedia aja bro, daripada ngelink ke page home kamu sendiri. hehehe…

  2. sip bro… mantap…

  3. Teori Darwin dah tbukti salah total n smua pnemuan tulang2 dinosaurus tnyata hanyalah skumpulan tulang binatang biasa.. Publikasina da di situs harun yahya,lupa nama situsna tp bisa d googling tuwh,harun yahya pula yg ptama kali mematahkan teori evolusi darwin n mnyebarkanna k seluruh dunia pd dekade 1990an

    lgian sapa juga yg mw d bilang kturunanna monyet hehee

  4. Naaaahhhh justru ntu fays,mulai dari anak2 usia pra-sekolah lah kita harus mengajarkan teori darwin itu salah karena d Barat ja dah d buang tuwh teori n malah teori Harun Yahya yg dipake..

    Saran Mei neh,maaf yah kalo ada salah2 kata,gimana kalo fays masukin skalian teorina Harun Yahya jd para pembaca bisa ngebandingin ndiri gitu..

    Sorry kalo saran Mei bwt Fays tsinggung yah,ga da mksud buruk cuma pengen bwt yg tbaik ja bwt Fays.. Smangat yo
    ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: